Senin, 12 Mei 2014

BEAUTY :: Caring for Komedo Problem

Ih, komedo itu kok tengil banget sih berani-beraninya nongol di ujung hidung. Mana datengnya sering keroyokan lagi, haduhhh…

Sering denger keluhan tentang komedo seperti itu?!
Yup, kemunculan komedo emang bikin risih walaupun ukurannya nggak segede jerawat. Tapi kalo’ enggak disingkirkan komedo ini bisa mengganggu penampilan dan bikin minder. Hih, ogah banget! So, gimana dong solusinya??? Don’t worry… kenali apa penyebabnya dan bagaimana merawatnya, niscaya komedo kamu bakalan cabcus dari wajah cantikmu…


http://bit.ly/Qgq0G8

Kenali Penyebab Komedo
Ada yang belum tau apa itu komedo?? Komedo merupakan penyumbatan pori-pori di area wajah, yang menyebabkan timbulnya bintik kecil yang kasar. Penyebab timbulnya komedo tentu saja adanya kotoran yang nempel di wajah kita. Misalnya, debu halus, asap kendaraan bermotor, atau sisa-sisa make up yang tertinggal di wajah kita. Nah, apabila tidak dilakukan pembersihan atau pengelupasan (peeling) maka akan menyebabkan penumpukkan kotoran dan sel-sel kulit mati. Ini nih yang bikin munculnya komedo yang membandel, akibatnya kulit muka jadi kasar dan terlihat unfresh

Kenali Jenis-Jenis Komedo
Umumnya ada dua jenis komedo yang sering menjadi problem bagi seseorang.

Pertama, komedo terbuka atau blackhead, yaitu komedo yang muncul karena pori-pori meradang dan mengalami pembesaran serta mulai muncul bercak hitam. Komedo jenis ini biasanya muncul di daerah hidung dan sekitarnya, dan bisa terlihat dengan mata biasa.
Kedua, komedo tertutup atau whitehead, yaitu komedo yang muncul karena tersumbatnya pori-pori. Komedo jenis ini menyebabkan bintik-bintik putih di sekitar hidung, dahi, atau dagu. Komedo jenis ini kadang tidak terlihat mata biasa, karena ada yang berada di bawah pori-pori.

Perawatan
Oke mari kita mulai perawatan… Eh, melakukan perawatan ekstra untuk menyingkirkan komedo nggak harus dilakukan di salon atau klinik kecantikan ternama. Membersihkan komedo bisa dilakukan sendiri asal dengan prosedur yang benar. Kamu bahkan bisa melakukannya di rumah dengan bahan yang sederhana dan mudah didapat.

Oke ini dia langkah-langkah untuk menyingkirkan komedo dari wajah cantikmu ::

- Sebelum membersihkan komedo, pastikan kebersihan tangan dan alat yang akan digunakan.

- Siapkan scrub wajah
Scrub wajah berfungsi untuk menghilangkan sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru. Gosok dengan lembut scrub wajah di area hidung, dahi, dan dagu. Komedo paling suka tumbuh di daerah tersebut, makanya harus ekstra bersih!

- Gunakan handuk hangat
Pilih handuk yang berbahan lembut, rendam dalam air hangat. Gunakan untuk membersihkan komedo. Cara ini dapat mengurangi rasa sakit saat membersihkan komedo. Selain itu dapat mengurangi infeksi setelah pengangkatan komedo tersebut. Gosok handuk secara perlahan di daerah yang ada komedonya.

Caution!
- Jangan meremas komedo, ini akan menyebabkan peradangan pada kulitmu.
- Jangan mencabut komedo dengan tangan, dan jangan menggaruknya. Justru komedo bisa makin menumpuk dan menyebar.

Tips ::
Manfaatkan Limbah Kulit Jeruk
Kalau kamu punya limbah kulit jeruk, jangan buru-buru dibuang dulu. Kulit jeruk ini bisa dimanfaatkan untuk membantu menghilangkan komedo. Caranya, bersihkan dan haluskan kulit jeruk dari jeruk yang baru saja dikupas (fresh) menggunakan blender. Tambahkan sedikit air, supaya hasilnya terbentuk cairan kental. Usapkan pada wajah sebagai masker. Lakukan pada malam hari sebelum tidur, dan biarkan semalaman. Keesokan harinya bilas masker dan wajah menggunakan air bersih. Kulit jeruk ini akan membuka pori-pori pada wajah dan membantu mengeluarkan komedo secara alami.

Selamat Mencoba!

- Nisya Rifiani / Mei 2014 -
This entry was posted in

0 comments:

Posting Komentar