Rabu, 28 Mei 2014

HEALTH – Duh, kok nggak bisa tidur yaa…

Saat menulis artikel ini, masih jam lima pagi tetapi saia belum tertidur dari semalam saudarah-saudarah (penting banget pakai akhiran h). Kondisi seperti ini sebenarnya jarang banget terjadi sama saia dan tentu saja sangat tidak saia inginkan *penekanan. Tetap terjaga sepanjang malam mulai dari pagi hari sampai balik pagi lagi… (padahal saia biasa bangun jam 4 pagi). Okey, saya sadar saya terkena semacam insomnia… :(


What’s The Insomnia?!
Insomnia dikenal sebagai sebuah gejala gangguan medis dan psikis yang ditandai dengan kesulitan memulai atau mempertahankan tidur. Tidak sedikit orang yang masih beranggapan bahwa gangguan insomnia atau masalah susah tidur ini sebagai persoalan sepele. Padahal, jika terjadi terus menerus dan tidak ditindaklanjuti dengan baik insomnia bisa mengganggu kesehatan lho… Insomnia tentu saja mengakibatkan kualitas tidur yang kurang baik, dan berdampak negatif pada kesehatan tubuh.

Jenis Insomnia
Ada tiga jenis insomnia yang dibagi berdasarkan interval waktu penderitanya.
- Insomnia sementara :: gejala awal berlangsung dari hari ke minggu.
- Insomnia akut :: berlangsung dalam jangka waktu tiga minggu hingga enam bulan.
- Insomnia kronis :: berlangsung selama lebih dari enam bulan bahkan dalam hitungan tahun pada suatu waktu.

How To Handle It???

Bagi seseorang yang terkena gejala awal insomnia tentu harus segera melakukan langkah-langkah awal untuk mengendalikan gejala ini. Hal yang paling simple adalah mengatur jadwal dan persiapan menjelang tidur. Ini dia enam langkah persiapan tidur bagi yang terkena gejala awal insomnia :

1. Hindari kafein sebelum tidur
Senyawa kafein jelas membuat kita terjaga lebih lama. Kafein nggak hanya ada di kopi lho, tapi juga ada di teh, soda, dan coklat.

2. Hindari makan besar sebelum tidur
Makan besar sebelum tidur juga nggak dianjurkan. Kenapa? Karena makan besar akan membebani kinerja sistem pencernaan dan membuat susah tidur.

Tips :: Makanlah minimal 3 – 4 jam sebelum tidur.

3. Mandi air hangat sebelum tidur
Mandi dengan air hangat akan membuat otot tubuh yang tegang menjadi lebih rileks sehingga mudah untuk tertidur.

4. Kondisikan kamar senyaman mungkin
Kamar tidur perlu ditata sedemikan rupa supaya nyaman untuk kita tidur. Hal utamanya adalah kamar harus rapi dan bersih!

Tips :: Jangan bawa-bawa urusan yanh lain ke tempat tidur! Misalnya, buku agenda kerja, handphone, atau laptop. Khususkan kamar tidur hanya untuk tidur saja…

5. Lakukan aktivitas santai sebelum tidur
Sebelum tidur, lebih baik melakukan aktivitas santai dibandingkan mendengarkan radio atau menonton televisi.

Tips 1 ::
Jika kita memang pengemar musik, lebih baik lakukan kegiatan yang cepat membuat bosan. Misalnya, baca buku yang temanya “berat”.

Tips 2 ::
Jika memang butuh musik untuk tidur, pilih musik yang dapat menenangkan jiwa dan raga. Musik melankolis atau musik berirama lambat dengan frekuensi gelombang beta, misalnya.

Oya, jenis musik ini juga dapat me-nina-bobok-kan kita dan bisa membuat kita lebih cepat tidur. Semacam lullaby yang mengantar kita tidur…

6. Minimalisasi cahaya lampu dan suara bising
Cahaya yang terang akan menghambat proses produksi hormon melatonin yaitu hormn yang diproduksi di kelenjar pineal yang berfungsi sebagai antioksidan dan mengontrol tidur.\

Tips :: Matikan lampu dan cepet merem yaaa…

Daily Activity

Selain persiapan menjelang tidur, kegiatan sehari-hari ternyata juga berpengaruh bagi siklus tidur kita. Coba deh lakukan tiga tips ini untuk mengatasi gangguan insomnia kamu, sekaligus untuk meningkatkan kualitas tidur kamu. 

1. Tingkatkan aktivitas di siang hari
Aktivitas yang efektif yang kita lakukan di siang hari akan membantu kita untuk bisa lebih cepat terlelap di malam hari.

2. Latihan pernafasan
Latihan pernafasan dengan meditasi sederhana akan membuat pikiran rileks. Latihan pernafasan ini mempengaruhi kualitas tidur kita menjadi lebih baik.

3. Rutin olahraga
Olah raga yang rutin dan teratur dapat memperlancarkan peredaran darah dan membuat tidur kita menjadi kegiatan yang menyenangkan dan juga mudah.

#Tips
Ini dia tips yang nggak kalah penting, jangan terlalu memikirkan bahwa kita tidak akan bisa tidur. Orang yang terlalu khawatir dirinya tidak bisa bisa tidur biasanya justru kesulitan untuk mengatasi insomnia!

Oke, sampai selesai menulis artikel ini pun saia belum juga bisa tidur jugaaa… Tapi sembari menulis, saia nyambi bikin persiapan tidur saiah… ugh, semoga cepat mengantuk yaaa, dan semoga artikel ini berguna buat kalian semuaaa… hoaammm *nah, udah mulai ngantuk…

- Nisya Rifiani / Mei 2014 -
This entry was posted in

4 komentar:

  1. Jadi kesimpulannya aku kurang olahraga -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kurang olahraga bukan satu-satunya penyebab orang susah tidur lho... Oya, makasih udah mampir di blog-ku. Salam kenal... :)

      Hapus
  2. katanya radiasi elektronik juga salah satu penyebab susah tidurrr lhoo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow baru tau saia gan, nice info *Cek di mr google & buku referensi :)

      Hapus